Friday, April 13, 2018

Cara Menyusun Jurnal yang Baik

Kebutuhan akan menulis jurnal dengan baik, merupakan kebutuhan bagi akademisi, baik yang berstatus mahasiswa, dosen, dan peneliti. Jurnal yang baik harus memenuhi syarat untuk diterbitkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh masing-masing publisher jurnal, yang biasa dapat kita ketahui setelah kita melakukan register pada publisher jurnal. Adapun standar utama yang harus kita ikuti, diatur dalam ‘author guidelines’.


Adapun jurnal yang baik, harus dapat memenuhi kriteria minimum seperti yang akan kita jelaskan seperti dibawah ini:
1. Judul harus dibuat semenarik mungkin.
2. Nama penulis harus ditulis dengan lengkap dan jelas.
3. Abstrak, memuat tentang tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian yang menunjukkan nilai analisis.
4. Keyword, harus mencantumkan kata-kata kunci yang ditulis dalam artikel.
5. Klasifikasi jurnal JEL, terdapat beberpa jurnal yang mengharuskan klasifikasi artikel sesuai https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php.
6. Pendahuluan, Jurnal harus dapat menjelaskan kenapa penelitian ini dilakukan, motivasi dalam melakukan penelitian ini, dan perbedaan dengan penelitian-penelitian terdahulu.
7. Studi literatur, pengertian masing-masing variabel, indikator variabel, dan menjelaskan hasil-hasil penelitian terdahulu yang dijadikan sebagai tinjauan pustaka dalam penulisan jurnal.
8. Metode penelitian, menjelaskan tentang populasi target penelitian, cara pengambilan sampel (apabila menggunakan metode sampel), cara mengambil data, profil responden, dan cara analisis data dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan.
9. Hasil pembahasan yang menjelaskan mengenai hasil penelitian yang diambil dari hasil analisis data dan dibandingkan dengan hipotesis yang telah ditetapkan.
10. Kesimpulan yang merupakan ringkasan hasil penelitian dan saran-saran yang perlu dilakukan dengan berdasaran hasil pembahasan.
11. Daftar pustaka, yang berisi tentang studi literatur yang telah kita gunakan sebagai dasar penelitian ini.

Setelah kita menulis jurnal penelitian, dengan 11 kriteria minimum yang telah disebutkan diatas, kita dapat men’submit’ jurnal kita pada publisher. Untuk selanjutnya proses yang dilakukan adalah menunggu jurnal kita untuk dilihat oleh editor. Dari proses editor akan berlanjut pada proses review oleh tim reviewer yang akan ditunjuk oleh editor.

Pada proses review, kita harus dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah kita tulis dalam jurnal , dan meyakinkan reviewer tentang jurnal kita, sehingga jurnal kita memang benar-benar layak untuk dapat diterbitkan pada publisher. (ASH)

https://id.scribd.com/document/376946707/Cara-Menyusun-Jurnal-Yang-Baik

No comments: