Statistika untuk Penelitian

Penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh data, dan data yang diperoleh tersebut diolah dengan statistik sehingga dapat dibaca yang selanjtnya disimpulkan untuk tujuan dan kegunaan tertentu. Statistik digunakan untuk mengolah data sehingga data dapat dibaca dan dibuat kesimpulan untuk tujuan dan kegunaan tertentu. Data merupakan unsur penting dalam sebuah penelitian.


Data tidak akan dapat dibaca untuk digunakan sebagai kesimpulan apabila tidak dilakukan pengolahan statistika. Data penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angka yang sesungguhnya, misalnya data jumlah penduduk, data jumlah kelahiran. Sedangkan data kualitatif berupa jawaban responden dari kuisioner-kuisioner/pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut judul penelitian, misalnya data persepsi perawat, persepsi pasien. Data kualitatif sebenarnya bukan data berupa angka tetapi data yang diangkakan.

Urutan dalam penelitian atau riset yang dilakukan secara garis besar adalah menentukan judul penelitian, membuat latar belakang, merumuskan permasalahan latar belakang, menduga sementara berdasarkan penelitian sebelumnya atau teori yang ada sehingga dapat diperoleh dugaan sementara, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, menentukan alat pengukuran, mengumpulkan data, menganalisis, menyimpulkan dan saran.

Sumber: diolah dari V. Wiratna Sujarweni dan Poly Endrayanto (2012), Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu

No comments: